Shana Encoder 4.9 + Tutorial



Kali ini aku akan share software terbaik menurut aku (untuk saat ini). Yapps, Shana Encoder ini bisa meng-encode beberapa format video, misal MKV, MP4, AVI dan WEBM. Dan Shana Encoder ini sudah mendukung video codec x265.

x265 itu apa sih??
x265 itu video codec yang sama dengan x264, tapi yang membedakan x265 ini adalah size yang dibilang lebih kecil dari x264 walau resolusi dan kualitas sama, namun x265 ini direkomendasikan di putar di pc/laptop yang punya spek menengah keatas. Karna, jika di putar di spek rendah akan ngelag.

Selain itu, cara penggunaannya pun sangat simple, jadi bagi para pemula jangan khawatir. Shana ini tak serumit Megui.

Sebelum ke tutorial cara encode pake Shana, download dulu software-nya disini:


Password rar: www.ansikara.tk

atau

ansikara.tk


Langsung ke tutorial:

1. Cukup kalian drag video yang akan di encode ke Shana Encoder.


Keterangan:

1. Preset-nya sudah saya edit sehingga kalian bisa langsung gunakan, tinggal pilih saja video nya mau di encode jadi apa. Contoh saya menggunakan preset 720p x265.

2. Jika kalian ingin menambahkan subtitle pada video, nama subtitle dan nama video harus sama. Jika sudah nanti di bagian tab Subtitle akan ada tulisan ASS. Itu tandanya subtitle kalian sudah terbaca.

3. Tentukan video hasil encode kalian ingin kalian simpan dimana.

4. Informasi tentang video hasil encode kalian.

5. Informasi tentang video kalian yang belum di encode.




2. Jika semua sudah selesai, tinggal klik Start, tunggu beberapa saat. Kecepatan encode tergantung spek pc/laptop kalian.

Untuk contoh, ini saya bandingkan video asli x264 dengan video hasil encode menggunakan x265. Beda jauh kan, lumayan deh buat hemat hardisk muehee...



Jika masih ada yang kebingungan menggunakan Shana, bisa tanyakan lewat kolom komentar...





sy-subkara.blogspot.com
#UzumakiSyahrul

Post a Comment

0 Comments