Belajar membuat efek KARAOKE di Aegisub sendiri dengan kode-kode nya dan artinya Eps. 3





Langsung saja ke prakteknya.. hehehe..

Pertama-tama, siapkan subtitle lirik lagu yang sudah anda beri timing.


> Kemudian coba buat template efek ini di aegisub anda. Letakkan template yang akan kita buat ini di baris paling atas. Karena template kara effect baru bisa diapply kalo di baris paling atas sudah diletakkan kode template kara effect. Untuk awalan/kemunculannya subtile karaoke kita gunakan perintah ini:


!retime("start2syl", -400, 0)!{\an5\move($center,!$middle-math.random(-40,40)!,$center,$middle,0,300)\fad(0,0)}

Setelah itu centang "comment" untuk menyembunyikan template tersebut, dan ketikkan "template syl" di kotak efek untuk memfungsikan jenis efeknya.

Perhatikan tanda negatif yang saya beri warna merah. Sekarang ingat-ingat lagi pelajaran matematika anda waktu di sekolah. Jika (
-) dikalikan dengan (-) sama dengan berapa? jawabnya (+) dong.. hehehe..
Jadi, nilai
-40 yang tertulis disitu sama dengan 40. Sedangkan nilai 40 yang tanpa tanda minus itu sama dengan -40. Sebelum perintah math.random diberikan, memang diharuskan di awal penulisan math.random harus diberi tanda min atau plus. Selanjutnya tinggal anda ingat-ingat aja pelajaran matematika anda di sekolah. :v

Penjelasan{
\LetakPusat\move(PosisiTerpusatDatar,!PosisiTerpusatTegak-Jumlah.Sembarang(Jarak40Keatas,Jarak40Kebawah)!,PosisiTerpusatDatar,PosisiTerpusatTegak,KecepatanAwal,KecepatanAkhir)\fad(Awalan,Akhiran)}

Perintah 
!retime("...", waktuAwal, waktuAkhir)! berfungsi sebagai penjalan efek per waktu yang disetting. Bisa diisi dengan "start2syl" (awalan suku kata), "syl" (mulainya efek per suku kata), "syl2end"(akhiran efek per suku kata), atau bisa diisi dengan "preline" (perintah awalan segaris, perintah ini mencangkup seluruh kalimat/bukan per suku kata), "line" (efek segaris/seluruh kalimat), "postline" (efek akhiran segaris). Penggunaan syl lebih sering dipakai daripada penggunaan line, karena perintah line hanya berjalan sekali. Selalu gunakan \an5 pada efek template anda agar subtitlenya terpusat.


> Lalu buat Sylnya. Inilah efek yang biasanya terlihat mengikuti suara vokal penyanyi di OP atau ED anime:
!retime("syl", 0, 0)!{\an5\3c&HD9771B&\pos($center,$middle)\t(0,!$sdur/2!,\fscx150\fscy150)\t(!$sdur/2!,$sdur,\fscx100\fscy100)\fad(0,0)}
Setelah itu centang "comment" dan ketikkan "template syl" lagi.

Penjelasan
{\LetakPusat\WarnaOutline&HD9771B&\pos(TengahTerpusatDatar,TengahTerpusatTegak)\t(0,!kecepatanAwal/2!,\fscx150\fscy150)\t(!kecepatanAwal/2!,kecepatanAwal,\fscx100\fscy100)\fad(0,0)}

Tambahan: mengapa
$sdur diberi nilai 2? ini bertujuan agar kecepatan awal/$sdur itu tidak kaku pergerakannya. Jangan memberi nilai berlebihan yaa.. bisa-bisa pergerakan sylnya menjadi menonjol seperti orang nonjok.. :v

Tapi anda bisa ganti {
\t(0,!$sdur/2!,\fscx150\fscy150)\t(!$sdur/2!,$sdur,\fscx100\fscy100)\fad(0,0)}
dengan efek lain kok. Yang saya kasih itu adalah efek membesar lalu mengecil ke ukuran semula. Download aja file Kara Effect Dari Aegisub. Pelajari itu baik-baik, tapi pasti anda akan kesulitan. Soalnya ada sebagian besar template yang menggunaan kode-kode semacam Visual Basic disitu. Download kara effect aegisub disini.

Oh iya.. mengapa
$sdur harus dihimpit oleh tanda seru (!) ? hehehe.. memang sebenarnya $sdur tidak memiliki nilai atau sama dengan 0. Karena itulah, tanda seru tadi berguna sebagai perintah yang memfungsikan pemberian nilai. $center, $middle juga sama halnya seperti $sdur yang harus diberi tanda seru jika ingin diberi nilai.


> Nah, sekarang kita buat dulu efek animasinya dari gambar AssDraw. Misalkan anda menggambar sebuah bulatan kecil dengan kode koordinat AssDraw m 0 0 b 4 0 4 -6 0 -6 b -4 -6 -4 0 0 0 ,maka:




!retime("syl", 0, 1000)!{\an5\c&HFFFFFF&\fscx30\fscy30\blur5\bord2\move($center,!$y+10!,!$center+math.random(-300)!,!$y+math.random(90)!,0,2200)\fad(0,300)\p1}m 0 0 b 4 0 4 -6 0 -6 b -4 -6 -4 0 0 0
Jangan lupa centang "comment" dan ketik "
template syl noblank notext loop 25". Tanpa "noblank"
 dan "notext" pun sebenarnya efeknya tetap bisa jalan. Gunakan "loop
"nilai"" untuk menggandakan efeknya. Banyaknya efek yang digandakan tergantung berapa nilai yang anda masukkan. Disitu saya beri nilai 25 yang berarti efek gambar bulatan AssDraw tadi digandakan sebanyak 25 bulatan. Dengan menggunakan "loop" kita tidak perlu harus memasang !maxloop! disebelah !retime!, karena !maxloop! tidak sesimple "loop". "Maxloop" dan "loop" itu tergolong sama fungsinya.

Penjelasan
!retime("syl", WaktuAwal, WaktuAkhir)!{\an5\WarnaUtama&HFFFFFF&\fscx30\fscy30\blur5\ketebalan2\move(PosisiPusatDatar,!PosisiSumbuTegak10keBawah!,!PosisiPusatDatar+Jumlah.Sembarang(-300)!,!PosisiSumbuTegak+Jumlah.Sembarang(90)!,KecepatanAwal,KecepatanAkhir)\fad(Awalan,Akhiran)\p1}m 0 0 b 4 0 4 -6 0 -6 b -4 -6 -4 0 0 0

Anda merasa bingung dengan kode \$y ? hehehe.. $y hampir sama dengan $middle. Bedanya hanya $y itu penempatannya tidak sestabil $middle. Dan $x hampir sama dengan $center. Jadi saya sarankan menggunakan $middle, dan $center untuk memberi efek pada subtitle teks agar lebih rapi tatanannya ketika efek bekerja. Kalo untuk gambar Ass yang inginnya digerakkan secara sembarang sih nggak apa-apa kok kalo menggunakan $x atau $y..


> Terakhir, anda harus membuat akhiran dari efek syl tadi. Misalkan saya menggunakan:


!retime("syl2end", 0, 0)!{\an5\3c&H39DE1A&\pos($center,$middle)\fad(0,300)} 

Langkah terakhir, klik Automation / Otomatisasi dan klik Apply Karaoke Template. Selesai deh sekarang kalian tinggal play video tadi, apakah sudah sesuai dengan keinginan kamu atau belum. Jika belum, silahkan ganti efek tadi sesuka kalian…

*Note: Sorry yah, untuk bagian ketiga ini saya copas dari website lain. Karena ini yang paling lengkap, untuk itu saya sertakan sumbernya dibawah.

Terima kasih~


Sumber:

http://learnofexperience.blogspot.co.id/2015/11/pembelajaran-bagian-ketiga.html

Post a Comment

0 Comments